Tips Mengolah Sampah Rumah tangga

Menjadi ibu rumah tangga, menjadikan kita semakin sering bergelut dengan sampah rumah tangga. Masalah sampah rumah tangga ini, sepertinya tidak akan berakhir bahkan seminim apapun kita berusaha untuk menggunakannya.

Dari mana sampah rumah tangga berasal? Sampah-sampah ini berasal dari apa yang kita makan, apa yang kita pakai dan apapun yang berhubungan dengan kita semuanya menghasilkan sisa-sisa sampah. Seperti, bungkus makanan, kaleng minuman, tempat sabun dan banyak lagi lainnya.

Sebelum menuju bagaimana cara mengelola sampah rumah tangga, tentu hal yang pertama yang harus dilakukan adalah melakukan gerakan pengurangan sampah, lesswaste life. Contohnya pengurangan penggunaan plastik baik dalam pemembelian bahan masakan, konsumsi minuman dan makanan kemasan, juga transaksi jual beli lainnya yang menghasilkan plastik. (lesswaste life akan ditulis diartikel terpisah ya). Hal lain yang bisa dilakukan juga pemanfaatan maksimal terhadap bahan masakan seperti mamasukkan bonggol brokoli ke dalam masakan, menggunakan kulit buah untuk ecoenzyme, dan lainnya.

Plastik, kaca, dan kaleng tentu bukan hal yang bisa kita hilangkan sekaligus dalam keseharian kita. Jadi langkah pertama untuk mengelola sampah rumah tangga adalah dengan memisahkan sampah organik dan anorganik. Yang dimaksud dengan sampah organik adalah sampah yang bisa terurai seperti kulit buah, sayuran, dan sisa makanan termasuk tulang. Sedangkan anorganik adalah seperti plastik dalam bentuk apapun, gelas, dan kaleng.

Untuk sampah plastik yang masih bisa didaur ulang bisa kita serahkan ke tukang rongsokan dan tentu bisa ditukarkan dengan harga yang sesuai timbangan sampah plastik yang kita miliki. Selain plastik ada juga buku, kertas, kardus yang masih bisa diberikan harga tukar dari tukang rongsokan

Untuk sampah organik sebaiknya dikompos. Agar tidak tertumpuk ke TPA (tempat pembuangan akhir) yang jika ditumpuk dengan sampah sampah lainnya akan berubah menjadi gas mentana, dan menghasilkan air lindi.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *