Spread Harga, Pudarkan kilau emas

Spread Harga emas maret 2020

Perhatikan Table Spread harga emas batang antam Perharinya. Table diatas berdasarkan harga emas ketika awal pandemi covid19, Maret, tahun 2020.

Awal mula menghitung spread harga emas dikarenakan aku merasa janggal karena harga buy dan buyback emas batang antam naik dan turun tidak dalam satu ritme.

Harga buy emas satu gram bisa naik sembilan ribu rupiah, namun harga buybacknya bisa naik sebelas ribu rupiah, dan bisa juga terjadi kebalikannya.

Setelah kuhitung ternyata spread harga emas antam semakin hari semakin jauh antara harga buy dan buyback. Tentu ini sangat tidak menguntungkan bagi investor ritel yang hanya mengandalkan belanja emas dalam gram kecil.

Setahun kemudian, hari ini 26 maret 2021 aku kembali menghitung pergerakan spread harga emas, dan hasil yang kutemukan sangatlah MEMBAGONGKAN.

spread harga emas januari 2021

Awal 2021 spread harga buy dan buyback antam mencapai lebih dari 11%. Bahkan spread harga emas paling tinggi dibulan januari pada tanggal 18 januari yaitu 13,0%. Berjarak sebesar Rp123.000 lebih murah dari harga beli emas antar di hari yang sama.

Spread harga emas februari

Pada bulan februari 2021 harga emas mulai menurun, hal ini disebabkan karena kestabilan ekonomi dunia mulai membaik. Spread harga emas tertinggi pada bulan februari adalah 13,7%. Sekitar Rp126.000 lebih murah dari harga beli emas pada hari yang sama.

Spread harga emas Maret

Pada bulan maret 2021 tren harga emas masih menurun. Bahkan harga buyback emas mencapai harga terendah selama setahun ini. Hampir menyerupai harga buyback maret tahun 2020 tahun lalu yaitu Rp778.000 pada tanggal 9 maret 2021.

Tanggal 9 maret 2021 juga merupakan spread harga emas tertinggi yaitu mencapai 15% dari harga beli di hari yang sama. 15% tersebut senilai Rp.137.000 lebih rendah dari harga beli di hari yang sama.

Kapan waktu membeli emas jika hari ini ingin keuntungan?

perkiraan kerugian dan keuntungan menjual emas

Berdasarkan histori pergerakan harga emas, jika kita ingin mendapatkan keuntungan dari investasi emas yang kita beli dan menjualnya pada hari ini 26 maret 2021, seharusnya kita membeli emas sekitar tahun 2019, atau awal tahun 2020.

Keuntungan yang didapat jika membeli emas pada awal tahun 2019 bisa mencapai 17.9% dari harga belinya, yaitu sekitar Rp.122.000 pergramnya.

Jika membeli emas pada pertengahan hingga akhir tahun 2020, maka kerugian yang akan didapatkan bisa mencapai 24% dari harga emas yang kita beli tahun lalu, dengan spread kerugian sekitar Rp262.000 pergramnya.

Kesimpulan

  1. Pertanyaan terbesarku selama investasi emas adalah siapa dan apa yang mendasari persenan spread harga emas antam. apakah antam dengan dominasinya menentukan harga sendiri?
  2. Jangan membeli emas dengan uang yang panas. Beli emas dengan ekspektasi tidak akan menjualnya kembali setidaknya paling cepat 3 tahun kedepan.
  3. Membeli emas antam saja belum tentu laba, apalagi membeli emas mini, jadi fokuslah dan pelajari dulu sebelum menentukan penempatan aset.
  4. Untuk investasi kalau bisa jangan membeli emas dalam ukuran kecil, beli dengan minimal 5 gram, karena semakin besar ukuran emas, semakin murah juga harga emas yang didapatkan.
  5. Jika sudah memiliki emas batangan antam, usahakan tidak menjualnya dahulu, bisa dengan menggadaikan dengan ekspektasi akan menembus kembali emas tersebut. karena suli untuk mencapai harga murah yang sama dengan harga emas yang kamu miliki saat ini. (artikel selanjutnya)

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *