SAVE HEAVENS ; GOLD

Kemarin siang aku tiba-tiba teringat ‘time capsule investasiku’, sudah lama aku tidak mengupdate tentang harga pasaran emas, dan dang aku terkejut ternyata harganya sudah menyentuh angka Rp.800rb/gram (per-24/feb) untuk emas batang, padahal setahun yang lalu Januari 2019 ia masih berada di kisaran Rp.620rb/gram. Tentu harga emas bisa mengalami naik dan turun setiap waktunya, namun dalam jangka panjang harganya akan cenderung naik.

Emas sebenarnya bukan Investasi murni yang bisa memberikan ‘keuntungan’ yang besar, ia lebih digolongkan sebagai ‘Safe heavens’, dimana ia akan tetap bertahan ditengah guncangan konflik  politik, resesi ekonomi dan lainnya, emas lebih cenderung menguat.

Berdasarkan pengalaman pribadiku justru emas inilah yang memberikan return terbaik setahun ini, mungkin karena 2019 penuh dengan perang dagang, konflik Brexit, dan terkahir tersebarnya virus korona.

Untuk investasi emas aku cenderung menggunakan cara klasik, membeli fisik dengan pembayaran cash,

Berikut hal-hal lain yang harus diperhatikan dalam berinvestasi Emas versiku :

  • Beli fisik. (Second bersertifikat kalau bisa)

Jika ingin membeli lebih murah, lebih baik mencari teman yang ingin menjual emasnya dan kita bisa membeli dengan harga Buyback yang sudah ditetapkan Antam pada hari itu, namun ini sulit dilakukan kecuali kita memang bergabung di komunitas investasi emas.

Aku masih menganut pembelian emas secara klasik, datang ke toko emas dan membayar dengan cash. Untuk pembelian emas baru di Antam harganya bisa di update secara online di website Antam.

Cara lain bisa datang ke toko emas terpercaya terdekat, dan menanyakan apakan ada emas batang second yang sudah dijual. Harganya akan lebih murah daripada harga baru di Antam, tapi lebih tinggi sedikit dari harga Buyback Antam. BTW untuk yang khawatir Antam akan membeli emas kita dengan harga Buybacknya tanpa peduli kita membelinya second atau baru tapi harus emas cetakan Antam

Sebenarnya ada pilihan lain seperti membeli online seperti di Tokopedia, bukalapak, indogold, dan yang paling ramai adalah di Penggadaian online. Pembelian disini rata-rata bisa dimulai dari 0,01 gram yaitu sekitar harga Rp.80rb rupiah.

Masalah pembelian fisik ataupun online sebenarnya terlepas dari hukum muamalah pembelian emas islam, kembali pada preferensi pilihan masing-masing. Toh, sama-sama menabung dan sama-sama punya alasan masing masing.

  • Emas batangan, bukan emas perhiasan

Emas batangan tentu lebih cocok untuk investasi. Emas perhiasan biasanya jika ingin melakukan penjualan kembali harga buybacknya terlalu banyak dipotong seperti goresan fisiknya yang sudah tidak sempurna lagi. berbeda dengan emas batangan yang meskipun harganya lebih mahal, ia hanya perlu dilihat harga buybacknya.

Kembali kepada preferensi, secara pribadi aku tidak biasa menggunakan manik manik ditubuhku baik cincin, gelang maupun kalung, jadi aku tidak begitu membutuhkan adanya emas perhiasan menjadi bagian dari simpananku,

  • Jangka panjang

Investasi emas adalah investasi jangka panjang. Karena untuk transaksi emas, harga jual dan harga beli sudah ditentukan oleh pihak Antam. Jadi sebelum membeli emas, pastikan cashflow rumah sedang aman, dan tidak mengharuskan menjual emas dalam satu tahun.

Secara pribadi aku pernah menjual emas dari pembelian selama 5 bulan ku di 2019, karena waktu itu sedang butuh dana besar. Dan waktu itu ternyata aku terselamatkan dengan harga buyback yang lebih tinggi dari harga belinya lima bulan yang lalu. Tentu untuk case seperti ini tidak bisa di generaliser, karena bisa dikala aku menjual emas sedang masa tinggi tingginya.

 Waktu yang tepat untuk menyimpan emas untuk saat ini adalah minimal 3 tahun, baiknya 5 tahun, bahkan jika dibutuhkan 10 tahun tanpa menjual emas.

  • Membeli ukuran yang tepat

Membeli 20gram emas akan jauh lebih murah daripada 1gram emas. Namun jika ada waktu kita membutuhkan uang maka untuk menjual kembali 20gram emas, kita akan merasa berat karena harga emas yang tidak sama lagi, tidak akan kita dapatkan

Tips saya sendiri, membeli 10gram, 5 gram adalah ukuran yang tepat bagiku, karena jika akan dijual kembali ia tidak akan menggaggu gram-graman lainnya.

Anyway aku menulis ini based on pengalaman dan pengetahuan. bukan berarti aku sudah menyimpan emas 1kg 🙂

sebagai rakyat kecil yang berusaha untuk berkembang 😉

DONT PUT ALL YOUR EGGS IN ONE BASKET

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *