Membuat Kimchi

Sebelum membuat Kimchi ini, aku pernah beberapa kali makan Kimchi di restoran korea, namun belum menemukan rasa yang pas dan cocok di lidahku. Terakhir kemarin tiba-tiba rasanya ingin sekali makan Kimchi, dan akhirnya beli kimchi kiloan online di Kimchi Heaven dengan harga 140ribu, perkilo. Surprisingly aku cocok dan suka dengan rasa kimchinya, tapi untuk membeli lagi rasanya sayang terlalu mahal, kemudian datanglah ide untuk membuat kimchi sendiri.

cara membuat Kimchi itu bisa simpel (bisa juga lebih ribet), sawi putih dicuci bersih (perhatikan ulatnya, jika daunnya bolong-bolong bisa dipastikan ada ulat didalamnya), rendam sawi dengan garam sekitar 2jam (garam saja, bukan dengan air garam, karena nanti air akan keluar sendiri dari sawi). Lalu sawi dicampurkan dengan pasta sambal yang sudah disiapkan selama menunggu rendaman sawi.

Sedangkan cara membuat pasta sambalnya bumbu yang dibutuhkan cukup simpel hanya bawang bombay, bawang putih, dan jahe. Untuk paste juga kita membutuhkan kecap ikan/saus ikan merk korea, dan bubuk cabe (tidak harus dari korea).

untuk melengkapi pasta sambal kimchi kita juga membutuhkan daun bawang, lobak, dan wortel. Jika merasa kesulitan untuk ketiga bahan ini, daun bawang saja atau bisa diganti kucay pun cukup.

Membuat pasta sambal kimchi,: pertama merebus sedikit air (setengah gelas) dicampur dengan tepung terigu satu setengah sendok, bertujuan untuk mengentalkan pasta sambalnya, lalu didinginkan. Setelah didinginkan, larutan tepung terigu diblender dengan bawang bombay, bawang putih, sedikit gula dan jahe.

Setelah memblender semuanya, hasil pasta dicampurkan dengan minyak ikan, dan bubuk cabai, kemudian dicampur dengan potongan wortel, lobak dan daun bawang. Jadi lah pasta sambal kimchi, jangan lupa cek tingkat kepedasan dan keasinan pasta karena ini akan sangat mempengaruhi rasa kimchi yang kita buat.

Paste sambal sudah jadi, sawi sudah selesai direndam garam 2 jam. Selanjutnya adalah mencuci bersih, minimal 3 kali sawi yang sudah direndam. kemudian meniriskannya.

setelah selesai meniriskan sawi sehingga air telah menyusut, waktunya mencampur sawi dengan pasta sambal kimchinya, sehingga menjadi kimchi yang lezat.

kimchi segar yang baru dibuat bisa langsung dimakan, tapi bisa juga menunggu 3-4 hari sampai kerja fermentasi mulai berjalan.

Catatan Pengalaman membuat Kimchi :

  1. Bagaimana pendapat membuat kimchi dengan boncabe? No. karena Sawi sudah asin, kecap ikan sudah asin, tidak perlu lagi bubuk cabe yang asin.
  2. Kalau kecap ikan susah ditemukan sebaiknya menggunakan apa? sebaiknya tetap kecap ikan, jika tidak bisa menemukannya bisa juga menggunakan kecap asin dan pasti ada perubahan rasa.
  3. Bubuk cabai korea bisakah diganti bubuk cabe indonesia? bisa saja. tidak ada perubahan drastis kecuali warnanya kurang mencolok, karena bubuk cabai korea warnanya merah merona.
  4. Wijen, dan lobak keduanya cukup membantu. Jadi aku sarankan lebih baik menggunakan wijen sangrai, dan potongan lobak untuk membuat kimchi yang lebih enak.
  5. Kalau membuat lagi, apa yang akan aku rubah? aku akan menambahkan buah pear korea sehingga menambah cita rasa untuk kimchinya.
  6. Bagaimana kimchi yang sudah kamu buat kemarin? it’s okey, but little bit salty.

I kimchi U

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *