Surakarta – Things To Do in Solo

Hanya dua jam dari Jogja, Solo menjadi pilihan favorit liburan singkatku. Kemarin sudah kesekian kalinya aku menikmati setiap sudut kota Solo, dari wisata heritage, dan wisata kuliner yang tidak ada habisnya. Untuk yang masih bingung sebaiknya kemana saja untuk menghabiskan waktu di Solo, berikut pilihan pilihan tujuan menarik di Solo

Untuk perjalanan ke Solo, transportasi utama adalah kereta prambanan ekspres (Prameks)

Prameks selalu menjadi pilihan teratas untuk perjalanan ke Solo, hanya dengan delapan ribu rupiah kita bisa naik kereta dengan nyaman (tanpa nomer kursi), apalagi sekarang sudah tersedia aplikasi KAI yang memungkinkan untuk membeli tiket prameks secara online tanpa perlu antri, namun jika tidak memiliki (tidak ingin install) aplikasinya maka kita harus ke stasiun minimal 2 jam sebelum keberangkatan, karena tiket prameks hanya dijual 2 jam sebelum keberangkatan, itupun kalau persediaan tiket masih ada.

Perjalanan naik kereta prameks Jogja- Solo, lebih baik naik dari Stasiun Lempuyangan atau Stasiun Tugu karena kemungkinan mendapatkan kursi di Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Tugu lebih besar dari pada naik di Stasiun Maguwo. Terutama di hari-hari weekend dan tanggal merah.

Untuk perjalanan pulang kereta Solo-Jogja sorenya, harus dipastikan beli tiket online terlebih dahulu karena setiap sore prameks Solo-Jogja akan sangat penuh (banyak kerja yang ngelaju), dan ada kemungkinan untuk kehabisan tiket Prameks. Sebaiknya naik kereta di Stasiun Balapan, dan masuk kereta 30 menit sebelum jam keberangkatan, karena biasanya kereta Solo-Jogja akan menunggu sedikit lama sampai jam keberangkatan tiba.

Setibanya di Solo, Ada beberapa tujuan trip menarik baik kulineran, berbelanja, maupun sejarah yang bisa dijangkau dengan murah dan mudah

Sesampainya di Stasiun Balapan hal pertama yang dicari adalah kulineraan. Ada Selat Viens yang letaknya sangat dekat dengan Stasiun Balapan. Selat Viens, menawarkan berbagai macam masakan Solo yang khas dan nikmat, seperti selat daging, gado-gado,sup matahari,sup manten, dan stup macaroni. Juga berbagai minuman seperti es kopyor, es dawet, dan masih banyak lagi dengan kisaran harga paling tinggi sepuluh ribu untuk makanan, dan tiga ribu untuk minuman.

Estimasi ongkos ke Selat Viens dari Stasiun Balapan adalah kisaran 3000-9000 (dengan kupon diskongojek-batas bawah biaya gojek).

Trip selanjutnya adalah ke Kraton Solo. Untuk mengunjungi Kraton lebih baik menggunakan tour guide agar bisa diceritakan sejarah-sejarah Kraton  Solo. Adapun tiket masuk Kraton Solo adalah sepuluh ribu untuk wisatawan domestik,

Estimasi ongkos ke Kraton Solo dari Selat Viens adalah kisaran 3000-9000 (dengan kupon diskon-batas bawah biaya gojek).

Selesai mengeksplore Kraton Solo, selanjutnya melanjutkan ke Pasar Klewer. Sebaiknya untuk ke pasar Klewer bisa diakses dengan berjalan kaki, karena hanya berjarak 400 Meter. Pasar klewer menyajikan pakaian batik, kaos, baju, celana, bahan baju dan lainnya dengan harga murah. Menurutku pribadi pasar klewer ini sangat mirip dengan Bringharjo, dengan versi yang lebih kecil.

Di Pasar Klewer kita bisa menikmati Tengkleng Buk Edi yang lagendaris itu. Tengleng gurih yang berisi tulang, dan daging kambing dinikmati dengan nasi pincuk. Untuk sholat zuhur bisa di Masjid Agung Kraton Surakarta yang juga berdekatan satu sama lain.

Setelah Pasar Klewer atau jika ingin melewatkan berbelanja di pasar klewer kita bisa menikmati wisata singkat dan menyenangkan di Gedung Djoeang 45, ini tempat cantik dan asik sekali, dan tiket masuknya hanya perlu membeli gelato dengan range harga dua puluh ribuan. Gedung Djoeang 45 ini dihiasi banyak spot foto cantik, dan sangat asik untuk menghabiskan waktu.

Akses ke Gedung Djoeang 45 ini bisa dengan berjalan kaki sambil menikmati Beteng Trade Center, PGS (Pusat Grosir Solo), lalu kemudian ke Gedung Djoeang 45. Jarak dari Pasar Klewer, ke gedung Djoeang 45 ini hanya satu kilometer. Namun jika keberatan untuk berjalan kaki bisa dengan naik gojek atau naik becak di sekitar sana.

Selesai menikmati Gedung Djoeang 45, kalau masih ada waktu untuk jalan-jalan masih ada banyak pilihan seperti; Paragon mall, Solo Grand Mall, Ada juga taman Sriwedari, taman Balekambang, dan museum tumurun.

Untuk wisata kuliner selain pilihan di atas, ada juga Kikil Buk Cilik dekat dengan pasar burung, kikil ini pernah di review juga oleh Ria Sw dan menurutku enak. Ada juga Mie Toprak Yunani, tapi kurang sesuai dengan lidah sumatraku, ada juga sate buntel dan olahan kambing lainnya yang juga merupakan favorit para wisatawan kulineran.

Suasana kota Solo tidak terlalu jauh dengan Yogyakarta. Dengan akses tujuan yang saling berdekatan, Solo selalu menjadi pilihan tepat untuk liburan murah, singkat dan berkesan. Selamat mencoba

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *